Sunday, August 9, 2015

OH .. MAS BAMBANG BUJONO

OH .. MAS BAMBANG BUJONO

Tadinya saya sudah berjanji dalam doa semalam, mulai selesai doa ini saya akan menghindar utk meng(k)eritisi tentang Palsu, Aseliut dan Aslinya lukisan Old Master atau Maestro Indonesia. Tetapi begitu membaca koran Kompas tgl 6 Agustus 2015 yang mana Bambang Bujono berkata " Mungkin saja lukisan palsu itu tak ada masalahnya untuk menjadi koleksi seseorang. Tetapi, ini menjadi masalah ketika dijadikan koleksi sebuah museum yg disampaikan untuk edukasi publik. " langsung saja terusik rasa keadilan yg mendekam dilubuk hati ini, karena itu lewat status di FB saya bertanya kepada Bambang Bujono.

Mas Bambang Bujono kalau lukisan old master tidak memiliki data provenance juga diragukan autentisitasnya oleh masyarakat seni rupa atau setidaknya komunitas saya. Dan terkesan atau secara implisit dibuat oleh PPSI sebagai referensi lukisan yg asli didalam buku " JEJAK LUKISAN PALSU INDONESIA ". Dan buku tersebut jelas demi mengedukasi publik.,

Lantas bagaimana anda menyikapi hal ini mas Bambang Bujono ? Mudah mudahan anda berkenan melanjutkan diskusi online ini utk mau bertanggung jawab pada pernyataan anda di forum diskusi yg dihadiri ratusan perupa muda pada tgl 5 Agustus yg baru lalu, agar mencerahkan kita semuanya.

10 Agustus 2015
hendrotan

No comments: